Wednesday, April 22, 2009

Tuntunan Lengkap Pernikahan berikut Tuntunan Nabi dalam Masalah Seks



Abdullah bin Mas’ud ra berkata: “Carilah kekayaan di dalam pernikahan, karena Allah berfirman: ‘Jika mereka miskin, Allah akan mampukan mereka dengan karunia-Nya” (An-Nur: 32).” Atsar ini diriwayatkan oleh Ibnu Jarir (Lihat Tafsir Ibnu Katsir (5/ 94-95, cetakan Darul Andalus).

Di dalam buku ini akan dibahas secara lengkap tentang tata cara pernikahan, mulai dari memilih calon istri, nazhar (melihat calon istri), meminang, adab malam pertama, sampai masalah hak dan kewajiban suami-istri. Buku ini merupakan gabungan dari kitab Al-lnsyirah fi Adabin Nikah karya Abu Ishaq Al-Huwaini dan kitab Zaadul Ma’ad juz 4 karya Ai-Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah.

Untuk lebih jelasnya, marilah kita simak dengan seksama terjemah buku karya seorang ulama ahli hadits abad keduapuluh yang saat ini berdomisili di negeri Mesir, Abu Ishaq Al-Huwaini Al-Atsari. Beliau merupakan salah satu murid Asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah. Judul asli buku beliau adalah Al-Insyirah fi Adabin Nikah. Kami sengaja menggabungkan penerbitan buku ini dengan tulisan Al-lmam Ibnul Qayyim rahimahullah yang kami petik dari kitab beliau yang berjudul Zaadul Ma’ad pada bab khusus yang berjudul: Petunjuk Nabi saw dalam Masalah Seks. Tujuan kami adalah untuk melengkapi agar lebih banyak manfaat dan memperluas wawasan kita dalam masalah ini.

Catatan : File ini berekstensi *.djvu, hanya bisa dibaca oleh DjVu Reader. Klik disini untuk download DjVu Reader.

No comments:

Post a Comment